Cara Membuat Kusen Pintu Rumah Minimalis

Cara membuat kusen Pintu - Hallo semuanya,,, Salam kenal dan jumpa lagi lagi dengan kami di INEWpedia. Langsung saja, kali ini INEWpedia ingin berbagi sedikit pengalaman kepada anda semua khususnya bagi seseorang yang tidak mengerti akan tetapi dia ingin mengerti dan segera ingin mecoba. Baik ,, Di kesempatan kali ini INEWpedia ingin membahas tentang mengenai bagaimana Cara Membuat Kusen Pintu Untuk Rumah Minimalis Sederhana, mudah mudahan saja, pengalaman yang INEWpedia bahas di kali dapat berguna bagi kita semua.

Informasi Terkait : Langsung saja, di tahap awal untuk membuat rangakaian-nya, jangan sampai lupa kita harus menyiapkan mengenai bahan bahan material yang nantinya akan di butuhkan untuk membuatnya, di antaranya yaitu:

  1. Kayu balok : 12 cm X 6 cm / 15 cm X 6 cm
  2. Paku : 10 cm / 12 cm secukupnya
  3. Lem : jika di perlukan

Setelah bahan material kita penuhin, yang pastinya kita juga harus menyiapkan alat perkakasnya juga guna untuk memprosesnya. Untuk memperoleh barang bikinan kita memiliki hasil yang maksimal, kita harus siapkan juga alat perkakas yang lengkap, jikalau ada alat yang modern, yaitu alat mesin yaitu :

1. Mesin pasah / sugu : berguna untuk menghaluskan atau meluruskan kayu.
2. Mesin serkel : berguna untuk memotong atau membelah kayu, ( jika perlu )
3. Mesin profil / bubut : berguna untuk membuat motif sebagian sisi kayu dan
4. Mesin bor : jika perlu

Sedangkan untuk alat bantu dalam proses pembuatan kusen pintu yang harus dipersiapkan untuk mempermudah pengerjaan adalah :

  1. Palu
  2. Gergaji
  3. Tatah / pahat
  4. Meteran
  5. Siku
  6. Pensil dll.


Cara membuat kusen pintu

Cara Membuat Kusen Pintu dengan bahan kayu paling lengkap

1. Jika bahan material dan perkakas itu semua sudah kita siapkan, barulah kita mulai bekerja. Tahap awal yang kita mulai kerjakan yaitu, kita pilih kayu balok tersebut, lalu kita potong sesuai yang kita butuhkan. Jika kita ingin membuat rangkaian tiang pintu cuma 1 lobang atau 1 pintu, dengan tinggi atau lebar dengan ukuran standar, maka potongan kayu balok tersebut yang kita butuhkan yaitu dengan ukuran ( 200,3cm, 2 potong dan 100cm, 1 potong ).

2. Setelah itu tugas kita yaitu, menghaluskan dan meluruskan potongan potongan kayu balok tersebut dengan menggunakan mesin pasah atau mesin sugu sampai kayu balok itu benar benar halus, lurus, dan siku sama sisi dengan ukuran lebar kayu dan tebal kayu yang sesuai.

3. Jika kayu balok itu semua sudah bagus, Supaya kelihatan lebih bagus lagi, hal yang kita kerjakan yaitu, membuat motif di salah satu sisi kayu dengan menggunakan mesin profil atau mesin bubut, akan tetapi untuk membuat motif tersebut jangan sampai keliru, usahakan di kita buat motif itu di salah satu sisi yang nantinya di bagian tampak depan, karena yang di bagian tampak dalam akan di buat lubang juga dengan ukuran 4cm dan 1cm sesuai ukuran ketebalan pintu, seperti gambar contoh di atas.

4. Selanjutnya yaitu agar bisa kita rangkai kayu balok tersebut menjadi tiang pintu rumah, maka hal yang kita lakukan mengukur dan memotong kayunya sesuai yang di butuhkan. Berhubung kali ini yang di bahas itu kusen pintu ukuran tinggi 200cm x lebar 80cm mengingat keterangan potongan balok di atas sengaja kami bikin lebih panjang dari yang di butuhkan, maka balok yang sudah rapi itu harus di potong kembali sesuai ukuran yang di butuhkan, akan tetapi potongan bekas balok kali ini harus sesuai garis siku.

5. Ukuran balok yang kita potong, untuk panjang tiang pintu 200cm dan berhubung kayu balok bagian penutup panjang-nya 100cm, maka jangan di potong, akan tetapi cukup garis dengan panjang 80cm, dan dari garis tersebut kita ambil 5cm sisi kanan dan sisi kiri untuk jatah ketebalan tiang seperti gambar contoh di atas.


Jika panduan diatas sudah kita kerjakan semuanya dengan hasil yang bagus dan rapi, untuk tahap terakhir yaitu kita masuk dalam tahap merangkai agar menjadi tiang pintu rumah. Akan tetapi, dalam proses merangkainya untuk mendapatkan hasil yang 100% maksimal bagus, Usahakan untuk BERHATI HATI....!!!

sekian dulu coretan dari kami INEWpedia, dan nantikan terus info terbaru dari kami, karena kami akan berusaha selalu hadir dan berbagi sedikit ilmu sesuai dengan pengalaman kami. mudah mudahan saja, apa yang kami tulis di sini dapat bermanfaat bagi kita semua amin ,,,, !!! Sekian dan selamat mencoba dan Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kusen Pintu Rumah Minimalis "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di bahas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel