Cara riset Kompetitor dengan Google Search, Spyfu dan Alexa
Senin, 05 Februari 2018
Tambah Komentar
Cara riset Kompetitor : Sampai saat ini kita sudah memiliki value proposition dan market size . Langkah berikutnya adalah kita harus mengetahui tingkat kompetisi dan siapa saja kompetitoe kita.
Riset terhadap kompetitor ini mudah kita lakukan dengan bantuan beberapa website yaitu Google search,spyfu,dan alexa.
Kita akan mulai dengan google search.
Dengan google search kita bisa mengetahui beberapa hal tentang kompotitor yaitu siapa kompetitor untuk SEO dan Adwords. Silahkan masukkan salah satu kata kunci yang akan anda gunakkan di google search dan lihat hasilnya .
Hasil pencarian google terdiri dari 2 jenis yaitu natural listing dan paid listing . Natural listing adalah hasil pencarian berdasarkan algoritma pencarian google . Paid listing adalah iklan berbayar yang akan muncul pada halaman depan hasil pencarian . Gambar berikut ini menunjukkan hasil pencarian natural listing untuk kata kunci " jual samsung galaxy".
Hasil pencarian jenis ini adalah kompetitor kita saat melakukan optimasi website menggunakan teknik SEO. Saya sarankan anda untuk mempelajari website yang muncul di posisi 1-5 untuk melihat dan mempelajari apa isi website yang menjadi kompetitor anda tersebut.
Jenis hasil pencarian kedua adalah paid listing .jika anda melakukan promosi menggunakan Google Adwords , maka website dan iklan anda akan muncul juga untuk kata kunci tertentu sesuai pilihan kita . Dengan membayar sejumlah uang tertentu , website kita bisa langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian Google . Cara ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget dengan baik .
Iklan anda akan muncul di 2 area dari hasil pencarian google yaitu di bagian atas atau kanan atas .
Gambar berikut ini menunjukkan hasil pencarian paid listing google search untuk kata kunci "jual kamera" .saya sudah menandai posisi paid listing pada gambar tersebut.
Silahkan coba klik pada iklan yang ada dan pelajari berbagi aspek yang ada pada website tersebut seperti produk apa yang di jual, berapa harganya , bagaimana servicenya, dan sebagainya. Informasi tersebut akan sangat berguna sebagai bahan perbandingan anda saat membuat website dan menentukkan produk maupun harga nantinya.
Gunakkan kata kunci yang lain dan lakukan riset yang sama untuk membuat pemahaman anda lebih baik, entah mengenai kompetitor anda maupun produk yang anda jual.
Berikutnya kita akan melihat beberapa informasi menarik dari kompetitor kita menggunakan spyfu. Silakan buka website Spyfu di http://spyfu.com.berikut ini adalah gambar halaman utama spyfu .
Silakan masukkan alamat website yang ingin anda riset ke field Search spyfu seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini.
Hasil pencarian Spyfu ini menunjukkan beberapa informasi menarik tentang website kompetitor kita ,antara lain:
1. Anggaran Adwords harian
2. Rata rata posisi di bandingkan jumlah pengiklan lain . Ini menunjukkan seberapa bagus iklan yang di buat dan budget yang dianggarkan
3. Trafik/jumlah pengunjung dari hasil pencarian natural listing
4. Perbandingan antara pengunjung yang datang dari natural listing dan paid listing.
Kita juga bisa mendapatkan informasimengenai kata kunci lain apa yang di gunakkan oleh website tersebut. Silahkan review screenshot berikut ini untuk melihat contoh laporan tentang kata kunci kompetitor dari Spyfu. Kata kunci ini bisa kita gunakkan sebagai referensi tambahan untuk memperkaya perbendaharaan kata kunci kita .
Kita juga bisa melihat siapa saja kompetitor dari kompetitor kita seperti yang di tunjukkan oada gambar berikut ini.
Spyfu juga memungkinkan kita untuk melakukan riset kata kunci seperti yang kita lakukkan di google external keyword tool. Anda tinggal memasukkan kata kunci yang ingin anda riset di menu pencarian Spyfu seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini.
Hasilnya adalah berbagai macam ide kata kuncibyang memiliki keterkaitan dengan kata kunci kita .ganakkan kata kunci ini untuk memperkaya perbendaharaan kata kunci anda .
Riset tentang kompetitor berikutnya akan kita lakukkan menggunakkan Alexa. Mari kita coba praktikkan . Silakan buka website Alexa di http://alexa.com
Ketikkan alamat website kompetitor anda di menu mencari alexa seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini .dalam contoh ini saya menggunakkan website detik.com . Anda bisa menggantinya dengan website kimpetitor.
Riset terhadap kompetitor ini mudah kita lakukan dengan bantuan beberapa website yaitu Google search,spyfu,dan alexa.
Kita akan mulai dengan google search.
Dengan google search kita bisa mengetahui beberapa hal tentang kompotitor yaitu siapa kompetitor untuk SEO dan Adwords. Silahkan masukkan salah satu kata kunci yang akan anda gunakkan di google search dan lihat hasilnya .
Hasil pencarian google terdiri dari 2 jenis yaitu natural listing dan paid listing . Natural listing adalah hasil pencarian berdasarkan algoritma pencarian google . Paid listing adalah iklan berbayar yang akan muncul pada halaman depan hasil pencarian . Gambar berikut ini menunjukkan hasil pencarian natural listing untuk kata kunci " jual samsung galaxy".
Hasil pencarian jenis ini adalah kompetitor kita saat melakukan optimasi website menggunakan teknik SEO. Saya sarankan anda untuk mempelajari website yang muncul di posisi 1-5 untuk melihat dan mempelajari apa isi website yang menjadi kompetitor anda tersebut.
Jenis hasil pencarian kedua adalah paid listing .jika anda melakukan promosi menggunakan Google Adwords , maka website dan iklan anda akan muncul juga untuk kata kunci tertentu sesuai pilihan kita . Dengan membayar sejumlah uang tertentu , website kita bisa langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian Google . Cara ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget dengan baik .
Iklan anda akan muncul di 2 area dari hasil pencarian google yaitu di bagian atas atau kanan atas .
Gambar berikut ini menunjukkan hasil pencarian paid listing google search untuk kata kunci "jual kamera" .saya sudah menandai posisi paid listing pada gambar tersebut.
Silahkan coba klik pada iklan yang ada dan pelajari berbagi aspek yang ada pada website tersebut seperti produk apa yang di jual, berapa harganya , bagaimana servicenya, dan sebagainya. Informasi tersebut akan sangat berguna sebagai bahan perbandingan anda saat membuat website dan menentukkan produk maupun harga nantinya.
Gunakkan kata kunci yang lain dan lakukan riset yang sama untuk membuat pemahaman anda lebih baik, entah mengenai kompetitor anda maupun produk yang anda jual.
Berikutnya kita akan melihat beberapa informasi menarik dari kompetitor kita menggunakan spyfu. Silakan buka website Spyfu di http://spyfu.com.berikut ini adalah gambar halaman utama spyfu .
Silakan masukkan alamat website yang ingin anda riset ke field Search spyfu seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini.
Hasil pencarian Spyfu ini menunjukkan beberapa informasi menarik tentang website kompetitor kita ,antara lain:
1. Anggaran Adwords harian
2. Rata rata posisi di bandingkan jumlah pengiklan lain . Ini menunjukkan seberapa bagus iklan yang di buat dan budget yang dianggarkan
3. Trafik/jumlah pengunjung dari hasil pencarian natural listing
4. Perbandingan antara pengunjung yang datang dari natural listing dan paid listing.
Kita juga bisa mendapatkan informasimengenai kata kunci lain apa yang di gunakkan oleh website tersebut. Silahkan review screenshot berikut ini untuk melihat contoh laporan tentang kata kunci kompetitor dari Spyfu. Kata kunci ini bisa kita gunakkan sebagai referensi tambahan untuk memperkaya perbendaharaan kata kunci kita .
Kita juga bisa melihat siapa saja kompetitor dari kompetitor kita seperti yang di tunjukkan oada gambar berikut ini.
Spyfu juga memungkinkan kita untuk melakukan riset kata kunci seperti yang kita lakukkan di google external keyword tool. Anda tinggal memasukkan kata kunci yang ingin anda riset di menu pencarian Spyfu seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini.
Hasilnya adalah berbagai macam ide kata kuncibyang memiliki keterkaitan dengan kata kunci kita .ganakkan kata kunci ini untuk memperkaya perbendaharaan kata kunci anda .
Riset tentang kompetitor berikutnya akan kita lakukkan menggunakkan Alexa. Mari kita coba praktikkan . Silakan buka website Alexa di http://alexa.com
Ketikkan alamat website kompetitor anda di menu mencari alexa seperti yang saya tunjukkan pada gambar berikut ini .dalam contoh ini saya menggunakkan website detik.com . Anda bisa menggantinya dengan website kimpetitor.
Belum ada Komentar untuk "Cara riset Kompetitor dengan Google Search, Spyfu dan Alexa"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di bahas