Cara riset Keyword / Kata kunci di Google Trends

Cara riset Keyword untuk SEOKita akan mulai dengan daftar kata kunci yang sudah anda buat sebelumnya. Kita perlu melihat terlebih dahulu prospek kata kunci yang sudah anda buat agar mengetahui perkembangan kata kunci tersebut secara umum . Silakan buka google trends di http://www.google.com/trends/.

Sebagai contoh , kita berencana untuk membuat sebuah website tentang blackberry pada field search trends dan melihat trend atau perkembangan pengguna kata kunci tersebut untuk beberapa tahun ke belakang .

Kita juga bisa menganalisis perkembangan minat terhadap kata kunci tersebut dengan membandingkannya dengan kata kunci lain. Sebagai contoh , anda ingin melihat perkembangan permintaan kata kunci Blackberry di bandingkan dengan android dan apple .anda bisa langsung memasukkan ketiga kata kunci tersebut dengan di pisahkan tanda  kata koma.

Kita bisa melihat bahwa permintaan untuk kata kunci Blackberry menurun selama 2 tahun terakhir,apple stabil,sedangkan android meningkat.

Kita bisa melihat trend permintaan kata kunci tersebut hanya untuk negara tertentu.misalnya kita ingin melihat perkembangan permintaan kata kunci tersebut hanya untuk indonesia saja .kita bisa mengubah lokasi seperti sesuai keinginan kita dan pasti menurut penargetan.

Gambar berikutnya tersebut merupakan outputnya saat saya lakukan pengecekan bulan september 2018. Ternyata untuk indonesia  menunjukkan hasil yang berbeda .di indonesia , minat terhadap kata kunci Blackberry masih stabil tinggi namun sudah mulai di susul oleh android yang mengalami perkembangan sangat pesat . Sementara minat terhadap kata kunci apple relatif stabil.

Dari hasil analisis google trend tersebut ,kita bisa menyimpulkan bahwa jika anda ingin menggarap pasar indonesia ,maka kata kunci Blackberry masih menjanjikan , namun jika anda berencana untuk menggarap pasar internasional ,maka perlu anda pertimbangkan kembali mengingat trendnya menurun .

Dengan google trends ini,anda juga bisa melakukan analisis terhadap negara lain.jika anda tertarik untuk menggarap pasar dari negara lain ,maka anda juga bisa melakukan riset menggunakan tools yang menarik ini.


Jika anda perhatikan pada gambar sebelumnya ,kita juga bisa melihat beberapa even penting yang mungkin merupakan trigger penyebab turun atau naiknya permintaan untuk kata kunci tertentu . Contoh screnshoot berikut ini menunjukkan event apa saja yang terjadi terkait kata kunci apple .

Oh ya ,sebelum lupa ,anda bisa juga melihat trend kata kunci sampai ke tingkat propinsi , siapa tahu anda hanya berminat mengarah pasar di propinsi tertwntu saja .silakan lakukan riset sendiri untuk mengetahui perkembangan kata kunci utama anda .


Hasil pencarian akan menunjukkan ranking website berdasarkan informasi yang di miliki Alexa . Silakan klik Get Details untuk melihat informasi menarik lainya tentang website kompetitor anda.

Anda akan melihat informasi detil tentang rangking website dan jumlah ling yang mengarah ke website tersebut seperti gambar berikut ini .

Silakan scrool ke bawa untuk melihat detail lain seperti statistik trafik, analisis search, dan lain lain . Screnshoot berikut ini menunjukkan seberapa besar jangkauan sebuah website di internet. Sayangnya laporan ini hanya akan muncul untuk website yang memiliki ranking<100.000.

Jika anda melihat data selanjutnya, maka anda akan melihat data tentang waktu load rata rata dari halaman website tersebut, ranking regional(untuk negara tertentu), termasuk laporan tentang kata kunci apa yang di gunakkan. Silakan review gambar beritu ini untuk melihat contoh laporan tersebut.

Jika website yang anda riset memiliki ranking di atas 100.000, maka banyak report lain yang bisa anda lihat seperti ranking trafik, pageviews( jumlah halaman yang di lihat), pageviews/user,Bounce,Time on Site ,dan search. Berikutnya ini adalah beberapa screenshoot yang menunnjukkan laporan apa saja yang bisa kita lihat dari Alexa.

Jika anda klik tab search Analytics, maka anda akan memperoleh banyak informasi menarik lainya terkait kata kunci. Gambar gambar berikut ini menunjukkan beberapa laporan yang memperkaya perbendaharaan kata kunci anda .

Baiklah, proses riset kita akhir di sini . Sekarang anda sudah memiliki banyak perbendaharaan kata kunci dan berbagai informasi menarik tentang kompetitor anda.

Tujuan dari praktik kita kali ini adalah melakukkan riset peluang pasar dan kompetitor yang terdiri dari:

1. Menemukkan produk yang layak kita kelola berdasarkan hobi kita .
2. Menemukkan kata kunci yang spesifik dan terkait produk kita
3. Melakukkan riset terhadap kompetitor.

Belum ada Komentar untuk "Cara riset Keyword / Kata kunci di Google Trends"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di bahas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel