5 Langkah cara meng-upload produk di shopee seller centre

5 Langkah cara Meng-upload Produk di shopee seller centre

Memang sangat membingungkan, khususnya bagi seller pemula. Kenapa kok saya bilang begitu, karena saya juga pernah mengalami hal yang sama.
Akan tetapi bagi anda yang ingin bisa, jangan mudah putus asa dan anda bisa belajar lebih semangat lagi

Kehadiran saya di kali ini saya akan coba membahas mengenai langkah-langkah cara meng-upload produk melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee.
Berikut adalah langkah-langkah untuk meng-upload produk Anda:

1. Menambahkan informasi produk

. Menambahkan Informasi Produk, Nama, Deskripsi, dan Kategori Produk Nama produk yang akurat dan mudah dibaca dapat membantu Pembeli mengetahui produk dengan jelas dan menemukannya dengan mudah, serta dapat meningkatkan visibilitas produk.
Sebelum Anda menambahkan informasi produk terkait nama, deskripsi, dan kategori produk, Anda dapat mempelajari langkah-langkah meng-upload produk terlebih dahulu untuk memudahkan Anda.

. Menambahkan Nama, Deskripsi, dan Kategori Produk melalui Seller Centre

Setelah Anda memasukkan nama dan memilih kategori produk, Anda dapat mengubah/menyesuaikan informasi produk tersebut di halaman Tambah Produk Baru dengan mengisi informasi produk pada kolom yang tersedia.

Menambahkan Nama, Deskripsi, dan Kategori Produk via Aplikasi Shopee.
Meng-upload daftar produk via aplikasi Shopee juga harus menambahkan semua informasi secara jelas dan sesuai dengan produk Anda.
Untuk menambahkan informasi via aplikasi Shopee tersebut Anda bisa klik Tambah Produk Baru, lalu isi semua informasi nama produk, deskripsi produk, dan kategori sesuai dengan produk Anda.

. Merek produk.

Anda dapat menambahkan Informasi produk dan merek produk. Setiap produk harus mencantumkan merek produk agar dapat diketahui oleh Pembeli.
Informasi merek akan memudahkan Pembeli menemukan produk yang anda jual, di saat pembeli melakukan pencarian di Shopee. Pastikan bahwa informasi merek produk anda telah sesuai saat meng-upload daftar produk.

Apabila produk tersebut tidak memiliki merek, Anda dapat memilih opsi Tidak Ada Merek. Jika merek produk tidak terdaftar, maka anda dapat membuat daftar merek Anda sendiri di via Seller Centre atau aplikasi Shopee dengan mengikuti langkah berikut:

Anda dapat mengakses merek produk pada halaman Tambah Produk lalu klik Merek.
Setelah itu Atur Merek, dan Anda bisa membuat merek Anda sendiri dengan mengisi kolom Atur Sendiri. Setelah selesai mengisi klik Ok.

. Atribut produk.

Menambahkan Informasi Produk atau Atribut Produk.
Penjual juga disarankan untuk mengisi seluruh atribut produk saat meng-upload daftar produk. Atribut adalah informasi yang dapat mendeskripsikan produk Anda lebih jelas, seperti menambahkan merek produk, bahan, asal produk, dan lainnya.

Setiap kategori produk memiliki atribut yang berbeda. Produk dengan atribut yang rinci dan akurat akan membantu produk Anda agar lebih mudah ditemukan pada saat pencarian.
Anda juga harus menambahkan informasi atribut produk di halaman Tambah Produk. Pastikan informasi yang Anda tambahkan sesuai dengan informasi produk.

. Mengapa Atribut Produk itu Penting?

Meningkatkan visibilitas produk. Atribut dibutuhkan untuk pencarian dan rekomendasi produk.
Mengisi atribut yang tepat dan jelas dapat meningkatkan peringkat produk Anda dan menghasilkan kunjungan serta penjualan yang lebih baik.
Mengurangi pertanyaan Pembeli.
Atribut produk yang rinci akan dapat memberikan informasi penjelasan lebih lanjut tentang produk Anda sehingga dapat mengurangi pertanyaan dari Pembeli.

Mengatur ekspektasi dan mengurangi pengembalian produk Atribut produk yang rinci juga akan mengatur ekspektasi terhadap produk dan mengurangi tingkat pengembalian produk yang dapat mempengaruhi Tingkat Pesanan Terselesaikan.

Memenuhi kebijakan daftar produk Shopee.
Shopee memantau kualitas dan akurasi dari produk Anda. Atribut yang tidak sesuai tidak akan ditampilkan di rincian produk Anda.
Memenuhi kebijakan daftar produk Shopee mencegah produk Anda diturunkan dari halaman pencarian atau bahkan diblokir.

. Apa Itu Atribut yang Tidak Sesuai?

Atribut yang tidak sesuai dengan produk Anda. Sebuah peringatan akan muncul agar Penjual segera memperbarui produknya.

"Sebagai contoh, kesalahan pengejaan dapat mengakibatkan atribut tidak sesuai".

Atribut yang tidak sesuai tidak akan diperlihatkan dalam rincian produk Anda. Produk akan diblokir oleh sistem yang dapat Anda lihat di tab Diblokir pada halaman Pelanggaran Saya.

. Apa itu Atribut Tidak Sah?

Atribut tidak sah adalah atribut merek produk yang ditolak karena tidak sesuai dengan daftar merek yang telah Anda masukkan. Pastikan informasi atribut merek yang Anda masukkan sesuai dengan produk yang Anda jual, agar lebih mudah ditemukan pada saat pencarian.

Atribut tidak sah dapat dilihat pada Produk Saya di halaman Seller Centre.
Di aplikasi Shopee, Anda juga dapat melihat daftar produk atribut tidak sah dengan klik Produk Saya, lalu klik Ubah.

. Apa yang Harus Dilakukan jika Merek Ditolak?

Pastikan merek yang Anda daftarkan sesuai dengan daftar produk. Apabila daftar produk tidak memiliki merek, maka Anda bisa mencantumkan Tidak Ada Merek pada kolom atribut merek.

2. Menambahkan informasi penjualan Harga dan stok.

Menambahkan Informasi Penjualan Harga dan Stok. Sebelum Anda menambahkan informasi harga dan stok, Anda harus melengkapi informasi lain terkait meng-upload produk yang dapat ditemukan.
Tambahkan informasi harga produk yang Anda jual setelah mengisi informasi terkait atribut produk dan pastikan Anda telah memberikan harga yang kompetitif sesuai dengan pasaran.
Jika harga tidak sesuai dengan pasaran, produk Anda dapat terhitung sebagai pelanggaran harga ketentuan promosi dan dapat diblokir oleh sistem.

Stok adalah jumlah produk yang tersedia di tokomu dan akan ditampilkan kepada Pembeli di halaman produk. Pastikan jumlah stok yang Anda tampilkan adalah jumlah yang sesungguhnya untuk menghindari masuknya pesanan yang melebihi jumlah stok. Jika stok produk di toko Anda menipis, Shopee akan memberi notifikasi ke toko Anda terkait stok produk tersebut.

Anda wajib menambahkan informasi harga dan stok di bagian Informasi Penjualan dan pastikan harga serta stok yang Anda tambahkan sesuai dengan produk.
Masukkan harga dan stok produk pada kolom yang tersedia di halaman Tambah Produk di aplikasi shopee.

. Variasi produk.

Menambahkan informasi penjualan variasi serta mengaktifkan variasi produk, seperti ukuran dan warna, akan membuat calon pembeli dapat memilih produk dengan variasi berbeda pada satu halaman rincian produk.
Tiap masing-masing produk dapat memiliki hingga dua tipe variasi.
Berikut di bawah ini, cara untuk mengaktifkan satu tipe variasi produk melalui via seller centre.

Mengaktifkan Satu atau dua tipe Variasi

Aktifkan Variasi yang Anda inginkan pada halaman Informasi Penjualan, tambahkan variasi selanjutnya apabila produk Anda memiliki lebih dari satu variasi, Isi Nama dan Pilihan variasi. setelah itu anda dapat mengisi informasi variasi terkait tentang harga, stok, dan kode variasi. Lalu anda dapat memilih untuk menambahkan foto di setiap opsi variasi.

. Harga Grosir (jika ada).

Apa itu Fitur Grosir?- Harga grosir adalah fitur baru yang ditawarkan oleh Shopee untuk mendukung pembelian/penjualan produk dalam jumlah besar.
Dengan fitur ini, Pembeli dapat menikmati harga yang lebih murah saat berbelanja produk dalam jumlah besar, sementara Penjual dapat mendorong penjualan dengan menawarkan diskon untuk Pembeli yang berbelanja produk dalam jumlah besar.

Bagaimana Cara Mengatur Harga Grosir?
Untuk mengatur harga grosir yaitu, pilih produk tertentu yang ingin Anda berikan harga grosiran, pastikan terlebih dahulu bahwa harga untuk seluruh variasi produk telah sama. Anda dapat mengatur harga grosir untuk produk yang telah ada atau dengan menambah produk baru dengan memilih grosir pada halaman Tambah atau ubah Produk, lalu kemudian anda dapat menambahkan informasi harga grosir tersebut sesuai yang akan anda berikan.

Masukkan harga minimal pesanan, maksimal pesanan, dan harga satuan di setiap masing-masing produk. Anda dapat memasukkan hingga 5 tingkatan harga grosir. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan Harga Satuan yang lebih rendah untuk setiap pilihan harga, apabila Min / Maks. Pesanan untuk produk tersebut lebih besar.

3. Menambahkan pengaturan media Foto dan video

Pengaturan media adalah salah satu komponen terpenting dalam meng-upload produk karena media inilah yang menjadi tampilan utama saat Pembeli menjelajahi produk di pencarian Shopee.

Foto dan video produk

Menambahkan foto produk adalah hal yang wajib dilakukan agar dapat memberikan informasi yang lengkap kepada Pembeli.
Anda dapat meng-upload sampai dengan 9 foto produk, termasuk foto utama.
Foto produk yang akan Anda tampilkan harus jelas dan memiliki resolusi tinggi, terutama di foto pertama produk Anda karena cenderung akan menarik lebih banyak Pembeli.
Anda juga bisa menambahkan video untuk produk Anda melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee.
Ketahui ketentuan mengenai informasi upload foto dan video di bawah Ini:

2. Panduan ukuran produk

Panduan ukuran merupakan informasi tambahan dan/atau opsional tergantung dari produk/kategori yang Anda jual.
Panduan ukuran hanya tersedia untuk kategori yang terkait dengan fashion dan aksesoris fashion.

Meng-upload Foto dan Video via Seller Centre

Anda dapat menambahkan foto dan video produk Anda melalui Seller Centre. Foto Utama menjadi foto sampul produk Anda.
Masuk ke pengaturan media, lalu tambahkan foto utama dan tambahkan foto yang Anda inginkan melalui komputer/laptop, dan Tambahkan juga video produk Anda.

Meng-upload Foto dan Video via Aplikasi Shopee

Anda dapat meng-upload foto dan video melalui berbagai cara, anda dapat mengambil foto/video melalui kamera, mengambil foto/video melalui galeri handphone, mengambil foto melalui Instagram yang telah dihubungkan.
Untuk mengetahui langkah-langkah meng-upload foto atau video produk adalah sebagai berikut:

Tambah Foto - Masuk Tambah Foto di halaman Tambah Produk, lalu pilih foto produk anda, kemudian tekan Ok, lalu foto produk akan menjadi Foto Sampul produk.
Selain itu anda juga dapat menambahkan video di produk Anda, namun pastikan Anda sudah menambahkan foto produk Anda terlebih dahulu.

4. Menambahkan informasi pengiriman berat dan ukuran paket.

1. Ukura berat paket

Tambahkan informasi berat pesanan yang sudah terhitung dengan berat kemasan yang Anda kirimkan ke Pembeli.
Berat yang Anda tambahkan nantinya akan menentukan biaya ongkos kirim. Sistem akan menghitung perkiraan biaya ongkos kirim dari alamat Anda menuju alamat Pembeli, sesuai dengan berat pesanan yang dimasukkan oleh Anda.
Untuk perhitungan ongkos kirim melalui jasa kirim dihitung sesuai dengan berat pada saat Anda serah terima barang ke jasa kirim, yaitu bisa berdasarkan berat barang maupun berat volumetriknya.

2. Ukuran Paket

Informasi ukuran paket yang Anda masukkan harus sesuai dengan barang yang nantinya Anda akan kirimkan ke Pembeli.
Ukuran paket akan menentukan biaya ongkos kirim. Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah sesuai dengan ukuran paket yang akan dikirimkan.
Dimensi (contoh: panjang, lebar, tinggi) akan digunakan untuk menghitung ongkos kirim.
Saat ini, pengaturan dimensi hanya tersedia pada jasa kirim yang termasuk kurir instan dan Anteraja.

Tabel informasi pengiriman jasa kirim berat dan ukuran. Setiap layanan jasa kirim memiliki maks. berat dan maks. ukuran paket yang akan dikirimkan ke Pembeli. Beberapa layanan jasa kirim juga memiliki batas maks. jarak dan tidak memiliki batas ukuran produk yang dikirimkan. Berikut tabel informasi pengiriman jasa kirim berat dan ukuran yang bisa Anda pelajari.

. Mengatur jasa ongkos kirim.

Menambahkan Informasi Pengiriman Jasa Kirim/Ongkos KirimAktifkan jasa kirim yang Anda inginkan di setiap produk setelah mengaktifkannya di pengaturan pengiriman. Jika ada layanan jasa kirim yang ingin diaktifkan tetapi belum tersedia, Anda bisa aktifkan di pengaturan pengiriman. Setelah Anda mengaktifkannya di toko, Anda juga harus aktifkan jasa kirim tersebut satu per satu pada produk, atau Anda bisa menggunakan fitur Mass Update untuk langsung meng-update jasa kirim di semua daftar produk Anda sekaligus.

Langkah-langkah menhgatur jasa kirim via Seller Centre. Masuk ke Seller Centre, lalu tekan Pengaturan Pengiriman, di kategori Pengiriman, kemudian aktifkan jasa kirim yang Anda inginkan.

Ongkos Kirim

Ongkos kirim adalah biaya yang harus ditanggung oleh Pembeli sesuai dengan informasi pengiriman yang Anda masukkan. Sistem akan menghitung perkiraan biaya ongkos kirim dari alamat toko menuju alamat Pembeli, sesuai dengan berat pesanan yang dimasukkan oleh Penjual ke sistem pada saat menambahkan informasi berat dan ukuran paket.

Shopee telah bekerja sama dengan layanan jasa kirim di Indonesia yang terdaftar.
Anda bisa memilih layanan jasa kirim yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan produk Anda. Anda dapat mengatur ongkos kirim melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee.

Aktifkan jasa kirim dengan menekan toggle sampai tombol berubah menjadi warna hijau. Untuk menonaktifkan jasa kirim, tekan toogle sampai tombol berubah menjadi warna abu-abu. Dan Anda dapat tekan, Ongkos Kirim di halaman Tambah Produk, lalu isi rincian produk dan pilih layanan jasa kirim yang Anda inginkan. Anda juga dapat menanggung ongkos kirim dengan mengikuti cara di bawah ini, apabila Anda bersedia.

Menanggung Ongkos Kirim Via Seller Centre

Klik icon Ubah pada layanan jasa kirim, lalu klik Saya akan menanggung ongkos kirim jika Anda bersedia untuk menanggung ongkos kirim. Kemudian klik Terapkan & Aktifkan Jasa Kirim.

Kemudian klik Berat Produk dan pilih jasa kirim yang diinginkan, lalu klik Saya akan menanggung ongkos kirim dan Klik Ok.

5. Menambahkan informasi produk lainnya.

Menambahkan Informasi Produk Lainnya, Pastikan bahwa Anda telah mengisi semua informasi produk lainnya sesuai dengan langkah-langkah meng-upload produk.
Informasi produk lainnya antara lain produk Pre-order, Kondisi, dan SKU Induk.

1. Pre-order

Produk Pre-order adalah produk yang memiliki masa pengemasan 7 sampai 15 hari.
Pelajari lebih lanjut tentang ketentuan batas Pre-order. Anda juga dapat mempelajari cara memeriksa persentase produk Pre-order Anda di sini dan pelajari langkah yang dapat Anda lakukan ketika telah melewati target persentase produk Pre-order.

2. Kondisi produk

Kondisi produk ditambahkan sesuai dengan kondisi produk yang Anda jual (masih baru atau sudah pernah digunakan). Hal ini dapat memenuhi ekspektasi calon Pembeli terhadap produk Anda.

3. Kode SKU Induk

SKU Induk adalah kode identifikasi produk yang dapat ditentukan sendiri sesuai dengan referensi Anda. SKU Induk bersifat unik untuk tiap produk yang Anda jual.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan Langkah-langkah Meng-upload Produk di shopee.
Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat, terutama bagi yang sedang membutuhkan nya.

Terima kasih..
Salam kenal dan sehat sehat selalu.!!

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah cara meng-upload produk di shopee seller centre"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di bahas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel